AKUAPONIK;Panen Sayur Bonus Ikan

  • AKUAPONIK;Panen Sayur Bonus Ikan

    

    Sistem yang merupakan sebuah konsep budidaya sayuran dan ikan dengan teknik akuaponik. Praktis, mudah, dan cocok dilahan sempit. Mengubah pekarangan rumah menjadi kebun dan kolam ikan mini. Secara garis besar, microorganisme membantu penguraian kotoran dan lender ikan untuk menjadi pupuk tanaman.

    Petani Kota

    Perkembangan daerah perkotaan saat ini menyebabkan lahan pertanian menjadi sempit. Masyarakat pun memanfaatkan lahan yang ada sebagai tempat untuk bercocok tanam dan dikenal dengan istilah petani kota. Di area perkotaan, menanam sayuran dan memelihara ikan masih sangat mungkin untuk dilakukan, khususnya dengan system Akuaaponik. Sistem ini diharapkan menjadi solusi masyarakat agar tetap “hijau” meski dilahan sempit sekalipun dan dapat berkontribusi dalam “urban farming”.

    Akuaponik System

    Akuaponik merupakan alternative budidaya tanaman dan ikan dalam satu tempat. Teknik ini mengintegrasikan budidaya ikan secara tertutup yang dipadukan dengan tanaman. Dalam proses ini, tanaman memanfaatkan unsur hara dari  kotoran ikan. Jika kotoran ikan dibiarkan didalam kolam akan menjadi racun bagi ikan.

    bosletong

    Dengan teknik ini akan terjadi symbiosis mutualisme atau siklus yang saling menguntungkan. Keuntungan yang diperoleh adalah efisiensi penggunaan air dan pengurangan pencemaran limbah hasil buangan ke perairan umum. Periode resirkulasi air berpengaruh terhadap kualitas serta kuantitas ikan dan tanaman yang dihasilkan. Pada system ini perlu ditambahkan pengaliran air dan penambahan  oksigen (aerasi).

    Tanaman ditumbuhkan dalam system hidroponik dengan akar terendam dalam air. Hal ini membuat tanaman menyerap senyawa nitrogen yang dapat bersifat racun bagi ikan sehingga akar berfungsi sebagai penyaring. Dari system hidroponik, air dibersihkan dan diaerasi sebelum kembali ke system akuakultur. Demikian siklus ini berlanjut terus-menerus dibantu oleh pompa air.

    Dasar Akuaponik

    Dasar akuaponik adalah memadukan antara ikan, tanaman, dan sinar matahari. Ikan sebagai penghasil pupuk cair alami, tanaman sebagai biofilter, dan matahari sebagai sumber energi untuk pertumbuhan

    serta perkembangan tanaman, ikan serta sebagai energi pembangkit tumbuhnya zooplankton dan fitoplankton dalam air.

    Dalam perkembangannya, probiotik sangat dibutuhkan sebagai penyempurna system akuaponik. Karena probiotik dapat membantu pencernaan pada perut ikan hingga kototran yang dihasilkan sempurna dan tidak bau pada kolam.

    probiotik 78

    Probiotik merupakan mikroorganisme yang sangat kecil, tetapi memiliki kemampuasn yang luar biasa untuk penguraian bahan organic, dan yang digunakan adalah mikroba yang menguntungkan. Mikroba sendiri berfungsi pada proses nitrifikasi atau pembelahan unsur N dan C pada senyawa NH3 dan CO2 yang dibutuhkan sebagai asupan tanaman.

    Teknik akuaponik menggabungkan 3 teknik yaitu :

    1.Biologi sebagai bio filter yang diperankan oleh tanaman.

    2.Fisika yang diperankan oleh waterpump sebagai penggerak air penghasil oksigen.

    3.Kimia yang diperankan oleh mikroba untuk mempercepat penguraian senyawa menjadi unsur material organic untuk diserap oleh tanaman.

    Prinsip Kerja Akuaponik

    1.Menciptakan biota air yang sehat dan berkualitas

    Biota air yang sehat dan berkualitas sangat dibutuhkan pada akuaponik serta akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan dan tanaman. Untuk membuat biota air yang sehat dan berkualitas merupakan peran penting dari cahaya matahari dan probiotik.

    2.Teknik dan waktu pemberian pakan

    Dengan mengoptimalkan penyebaran pakan agar ikan dapat berkembang secara merata. Teknik pemberian pakan yang baik adalah 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari, dapat membantu keseimbangan biota air. Mikroba akan membungkus fases ikan dan dalam waktu singkat fases dimakan kembali oleh ikan tersebut.

    3.Kebutuhan ikan dan tanaman

    Ikan dalam air kolam membutuhkan kotoran yang terurai oleh mikroba, air yang sehat, dan hilangnya gas buang. Sedangkan untuk tanaman membutuhkan nutrisi tanaman, tersaring akar tanaman, terserap oleh tanaman.

    4.Kualitas ikan dan tanaman

    Factor yang menentukan kualitas ikan dan tanaman adalah Kadar oksigen dalam air yang tinggi, Ph air antara 6,5-7,5, Amonia terurai oleh mikroba, suhu udara 25-27 derajat, dan sinar matahari yang cukup.

    Jenis ikan dan tanaman akuaponik

    1. Ikan : Lele, patin, dan gurami.

    18714-lelesangkuriang

    2. Tanaman : - Internal atau tanaman yang dapat dialiri air setiap saat (kangkung, selada,kemangi,padi). - Eksternal atau tanaman yang berbuah (Tomat, cabe, terong, timun dll).

    CEs6ssvVAAArKjy

    Media tanam

    - Internal system : Gelas berlubang kecil (netpot), pasir merah halus.

    Netpot_Hidroponik_Besar___8cm__pot__media_tanam__  pasir merah halus

    - Eksternal system : Pot (batu ziolit, arang batok, pasir merah kasar), gelas berlubang besar.

    batu ziolite  pasir merah kasar  pot besar

    SOP Akuaponik

    1.Isi kolam dengan air bersih

    2.Tuangkan probiotik 78 (1//3 dari ½ liter probiotik pasca pengenceran untuk volume 200 liter)

    3.Masukan benih ikan (lele/patin panjang 9-10 cm, dan gurami 6 cm)

    4.Nyalakan waterpump (07.00-17.00)

    5.Pemberian pakan tidak brlebih 2 kali sehari

    6.Mendapatkan sinar matahari 6-8 jam

    Cara perawatan aeroponic system

    1.Mengontrol drip irigasi pada eksternal system (1x seminggu)

    2.Membuang kotoran pada ujung pipa eksternal system (1x seminggu)

    3.Membersihkan filter

    4.Membersihkan kolam pasca panen

    5.Memindahkan tanaman setelah disemai kedalam pot besar

    ppppppp

    (Sumber : Seminar Akuaponik; Bos Letong System)